Data
Perusahaan
1.
Nama
Usaha : Warung Makan
Sangalang Makmur
2.
Bidang
Usaha : Warung Makan
3.
Jenis
produk : Mie Ayam
4.
Alamat
Perusahaan : Pendahara,
Tewang
Sangalang Garing,
Katingan
5.
Nomor
Telepon : 05320088782
Data
Pemilik
1.
Nama
Pemilik : Martinus D. Sindi
2.
Jabatan : Pemilik
3.
Tempat
dan Tanggal
Lahir : Katingan, 12 Juli
1974
4.
Alamat
Rumah : Pendahara,
Tewang Sangalang,
Katingan
5.
Nomor
Telepon : 085652345661
Struktur
Organisasi
Alasan Memilih Bisnis Mie Ayam
Seiring
bertambahnya jumlah penduduk di Kelurahan Pandahara maka bertambah pula kebutuhan manusia akan pangan, sandang dan papan.
Melihat keadaan ini membuka peluang bagi produsen untuk membuka sebuah usaha
baru dalam produk makanan. Selain itu juga banyaknya bahan baku yang melimpah
dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk membuka usaha Mie Ayam”.
Usaha Mie ayam merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. Kita juga melihat semakin banyaknya variasi dari usaha mie ayam ini.
Usaha Mie ayam merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. Kita juga melihat semakin banyaknya variasi dari usaha mie ayam ini.
Menurut
beberapa pengusaha mie ayam, peluang usaha ini masih terbuka lebar mengingat
banyaknya penggemar mie ayam. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup
menggiurkan salah satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep mie ayam yang
enak. Selain itu pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik
usaha ini akan berjalan dengan sukses.
Analisis Aspek Lingkungan
Sebagian
masyarakat Kelurahan Pendahara bekerja sebagai nelayan sungai, petani, dan
buruh yang kondisi rumah tangganyanya bisa di bilang sejahtera. Perilaku
membeli di masyarakat Kelurahan Pendahara termasuk konsumtif banyak berdiri
toko-toko sembako yang menandakan kegiatan perekonomian berjalan. Untuk
keamanan menjadi prioritas utama petugas keamanan kelurahan sehingga dirasa
cukup aman.
Analisis Aspek Pemasaran
1. Aspek Makro
Bahan baku utama dari mie ayam ini
adalah tepung terigu, ayam, dan daging sapi dapat mudah di temui di pasar
pendahara tanpa harus menunggu pasokan dari Kota Palangka Raya. Jadi untuk
konsumsi local dan konsumsi cukup terpenuhi.
2. Aspek Mikro
a.
Jenis
produk yang di usahakan adalah berupa makanan mie ayam
b.
Penetapan
harga berdasarkan pada biaya produksi yang di sesuaikan
c.
Promosi
untuk pengenalan produk melalui brosur dan informasi masyarakat yang pernah
mencoba mie ayam tersebut.
d.
Penjualan
mie ayam di lakukan di rumah makan dengan pembeli mendatangi rumah makan
tersebut.
Analisis
Aspek Operasional
1.
Desain
produk
Untuk meningkatkan kualitas output
maka kami selalu memperhatikan kualitas produksi yang bersih dan sehat dan cara
penyajian yang menarik pengungung, serta lokasi berjualan yang bersih.
2.
Proses
Produksi
Setelah kita mengetahui keinginan
konsumen konsumen seperti apa maka tahap selanjutnya adalah persiapan produksi.
Persiapan produksi akan meliputi beberapa aspek,yang paling utama adalah
persiapan Sumber Daya Manusia, bahan Baku utama,Bahan baku tambahan, alat
Pengolah,Tempat Produksi,serta yang tak kalah penting adalah sumber pendanaan.
Sumber Daya Manusia dalam aspek produksi sangat penting perannya mengingat
produk mie ayam ini sebagian besar atau
bahkan seluruhnya dikerjakan secara manual,untuk itu tenaga yang terampil dalam
mengolah mie ayam mutlak diperlukan.
Ketersediaan bahan baku utama yaitu
tepung mesti terjaga stock dan jumlahnya sebab kelangsungan produksi akan
terjaga dengan terjaganya stock yang cukup,mengenai bahan baku tambahan berupa
daging ayam serta Sayuran yang Segar dan alat pengolah pembuatan mie ayam
walaupun kontribusi terhadap proses produksi relative kecil namun keberadaannya
mutlak diperlukan.
Analisis Sumber Daya
Manusia
Jumlah tenaga kerja yang di butuhkan
untuk perusahaan ini terdiri dari:
1.
Dua
orang untuk kasir
2.
Dua
orang bertugas untuk memasak mie
3.
Empat
orang sebagai pelayan
Pekerjaan karyawan bersifat
kekeluargaan untuk menciptakan suasana
nyaman dalam bekerja sehingga karyawan betah bekerja.
Tabel Anggaran pendapatan
dan Biaya
Tahun 2008-2012
Keterangan
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
Tahun 3
|
|
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
Pendapatan
|
600000000
|
650000000
|
700000000
|
710000000
|
Biaya Biaya
|
|
|
|
|
Biaya Bahan Baku
|
150000000
|
150000000
|
155000000
|
150000000
|
Biaya Tenaga Kerja
|
200000000
|
200000000
|
210000000
|
210000000
|
Listrik dan air
|
46000000
|
46000000
|
47000000
|
46000000
|
Proses Produksi
|
50000000
|
53000000
|
50000000
|
53000000
|
Perlengkapan
|
20000000
|
22000000
|
22000000
|
23000000
|
lain lain
|
10000000
|
10000000
|
10000000
|
11000000
|
Laba
|
124000000
|
169000000
|
206000000
|
217000000
|
AKTIVA
|
|
PASSIVA
|
|
Aktiva Lancar
|
|
Hutang
|
|
Kas
|
200000000
|
|
|
Piutang
|
80000000
|
|
|
Persediaan
|
70000000
|
|
|
Aktiva tetap
|
|
Modal
|
125000000
|
Peralatan
|
150000000
|
|
|
Gedung
|
250000000
|
|
|
Bangunan
|
500000000
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
125000000
|
|
125000000
|
Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang,
dan Ancaman
Kekuatan
1.
Harga
terjangkau
2.
Kualitas
terjamin
3.
Cita
rasa Tinggi
Kelemahan
1.
Manajemen
tradisional
2.
Sarana
dan prasarana sederhana
3.
SDM
masih rendah
4.
Bahan
baku mudah rusak
Peluang
1.
Pangsa
pasar masih luas
2.
Bahan
baku mudah didapat
3.
Kurangnya
persaingan usaha
Ancaman
1.
Munculnya
persaingan usaha
2.
Munculnya
variasi makanan baru
Rencana Kebutuan Pinjaman
Untuk
memperluas usaha dan menambah produksi maka di perlukan dana sebesar Rp.
250.000.000. Saat ini telah memiliki dana sebesar Rp. 125.000.000. Jumlah
kebutuhan dana sebesar Rp. 125.000.000. Dana pinjaman tersebut akan diangsur
selama dua tahun perbulan. Adapun agunan untuk pinjaman tersebut adalah tanah dan
bangunan yang ada diatas tempat usaha.
Penutup
Demikian
rencana bisnis yang disusun dalam rangka untuk memenuhi pihak-pihak yang
memerlukan dan bagi pemilik sebagai acuan pengembangan bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar